Menu Tutup

Sewa AC Standing di Lazada

Rental AC 3PK

Sukses Mandiri menjual Sewa AC Standing 3PK di Lazada ya? Begitulah pertanyaan dari beberapa orang yang disampaikan via telepon kepada tim marketing kami belakangan ini. Pertanyaan tersebut tentu saja cukup mengejutkan kami. Betapa tidak, pasalnya selama ini kami maupun rekanan kami belum pernah menjajakan jasa sewa AC standing di Lazada

Berdasarkan informasi itu maka tim kami melakukan pengecekan melalui mesin pencari Google. Ternyata memang benar. Hanya dalam hitungan menit, tim kami langsung menemukan enam postingan jasa rental AC standing 3 PK di Lazada yang menggunakan gambar AC Standing 3 PK berlogo Sukses Mandiri.

sewa-ac_lazada

Parahnya, selain menggunakan gambar AC standing karya designer kami, semua item itu bahkan mencantumkan nama Sukses Mandiri pada deskripsi produknya, seperti terlihat pada screen shoot di bawah ini

rental-ac_lazada

Dari gambar screen shoot di atas wajar saja jika orang mengira kalau kami menawarkan jasa rental AC standing di Lazada. Hal ini tentu saja sangat merugikan kami karena selain mereka menggunakan gambar produk kami tanpa ijin, mereka juga dapat merusak reputasi perusahaan kami.

Baca:

Semua postingan itu juga terindex di halaman depan hasil penelusuran Google dengan key phrase “sewa ac standing lazada“, baik hasil penelusuran halaman web maupun gambar. Seperti screen shot di bawah ini

Sewa_AC_Standing_Lazada

Ke enam iklan itu ternyata diposting oleh enam seller yang berbeda, yaitu :

Family Shop 1982

  • Seller: lazada.co.id/shop/family-shop-1982
  • URL: https://bit.ly/family-shop
  • Arsip: https://bit.ly/3gmOSJC

MULTICOM 2017

  • Seller: lazada.co.id/shop/multicom-2017
  • https://bit.ly/multicom2017shop
  • https://bit.ly/30iluyz

Dealbuycomel

  • lazada.co.id/shop/dealbuycomel
  • https://bit.ly/dealbycomel
  • https://bit.ly/3ibzuAr

Mimpi Berlian 101Red Shop

  • lazada.co.id/shop/mimpi-berlian-101red-sho
  • https://bit.ly/berlian-shop
  • https://bit.ly/2XgwhXV

Digital 88 Shop

  • lazada.co.id/shop/digital-88-shop
  • https://bit.ly/digital88shop
  • https://bit.ly/2EyIcdd

Lopharis Shop

  • lazada.co.id/shop/lopharis-shop
  • https://bit.ly/lopharis-shop (sudah dihapus)
  • https://bit.ly/2PgMkRl

Kabar baiknya, dari profil ke enam seller tersebut ternyata tidak satupun yang memiliki reputasi bagus. Hal ini tentunya membuat kami tidak terlalu risau, karena kebanyakan pembeli sudah cukup cerdas dalam bertransaksi di Lazada.

Lihat :

Klarifikasi Kami

Berdasarkan fakta tersebut maka dengan ini kami klarifikasikan bahwa:

  •  Semua iklan tersebut bukan merupakan iklan jasa rental AC standing kami
  • Semua seller tersebut tidak ada kaitannya dengan perusahaan maupun rekanan kami.

Pelanggaran Hak Cipta

Merujuk kepada UU Hak Cipta tanggal 16 Oktober 2014 melalui UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta yang menggantikan UU No. 19 Tahun 2002. Meskipun website kami belum didaftarkan ke HAKI, namun bukan berarti konten website kami baik berupa text maupun gambar, tidak berhak cipta.

Pasal 1 UU Hak Cipta menyebutkan bahwa Hak Cipta adalah “hak eksklusif” pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lihat juga:

Yang dimaksud dengan hak eksklusif menurut Penjelasan Pasal 4 UU Hak Cipta adalah hak yang hanya diperuntukkan bagi pencipta, sehingga tidak ada pihak lain yang dapat memanfaatkan hak tersebut tanpa izin pencipta.

Dengan demikian, penayangan gambar rental AC dalam iklan di Lazada tersebut jelas merupakan pelanggaran hak cipta. Penyebutan nama perusahaan kami (Sukses Mandiri) dalam deskripsi iklan tersebut jelas melanggar hukum karena bisa merusak nama baik perusahaan kami.

Tindakan Kami

Sejauh ini kami sudah melaporkan pelanggaran hak cipta ke DMCA take down, namun sampai tulisan ini kami terbitkan belum disetujui sehingga URL iklan tersebut masih terindex pada halaman penelusuran Google. [Update per 3 Agustus 2020: laporan kami sudah diapprove Google]

Kami juga sudah menyampaikan laporan kepada pihak Lazada secara tidak resmi melalui fans page resmi Lazada di Facebook dan Twitter, tapi sampai sekarang belum mendapatkan tanggapan sama sekali. Kami memang belum mempertimbangkan untuk mengambil tindakan hukum atas pelanggaran tersebut karena sejauh ini kami belum dirugikan secara materil.

Meskipun demikian, kami harap agar pihak Lazada dapat mengambil tindakan tegas terhadap para seller nya yang telah melanggar  “KEBIJAKAN PELANGGARAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL LAZADA” yang antara lain berbunyi:

Pelanggaran hak-hak kekayaan intelektual oleh para pengguna Platform (“Pengguna”) sangat dilarang. Pengguna yang mengunggah konten, daftar produk-produk atau layanan-layanan, atau menggunakan Platform dengan cara apapun yang melanggar hak kekayaan intelektual akan dikenakan langkah-langkah sebagaimana dijabarkan di kebijakan-kebijakan Platform kami, termasuk namun tidak terbatas pada pengeluaran poin ketidakpatuhan, penangguhan akun Pengguna, pemberhentian permanen dari Platform dan/atau tindakan apapun yang dianggap perlu oleh kami, termasuk namun tidak terbatas pada inisiasi proses perdata atau pidana oleh Lazada secara independen atau bersama dengan pemilik-pemilik hak.

Posted in Berita
Open chat